tesds

Kesuksesan UKM Sleman

Share This:

Sleman memiliki berbagai keunggulan dan kemudahan untuk investasi pengembangan usaha-usaha kreatif. Potensi tersebut, antara lain meliputi berbagai bidang usaha yang didukung ketersediaan tenaga kerja terampil dan terdidik. Selain itu, Sleman juga memiliki potensi masyarakat yang ramah, heterogen, keamanan yang kondusif, kemudahan aksesibilitas serta ketersediaan infrastruktur jalan, listrik dan air yang dibutuhkan investor dalam kapasitas sangat memadai.

Salah satu contoh kesuksesan dalam pengembangan usaha kreatif dari Kabupaten Sleman adalah pembuatan miniatur  Replika kendaraan tempur dan Kendaraan Taktis. Bahan yang digunakan berasal dari limbah pabrik beruapa limbah kayu buatan Valkiarra Wooden Art Manufacture di Sleman, Yogyakarta. Patut di apresiasi karena dalam  penjualanya bisa memembus pasar Amerika dan Eropa.

Replika tank yang dipesan oleh Pentagon (Foto: KR Jogja)

Replika tank yang dipesan oleh Pentagon (Foto: KR Jogja)

Dialah Hiro Prabantoro dan Suryani Inten yang beralamatkan di Jalan Tentara Pelajar Sleman Yogyakarta lewat olahan tangan kreatif meraka limbah kayu pabrik berhasil meraka rubah menjadi sebauh miniatur yang memiliki nilai jaul tinggi. Berbekal bahan dasar limbah kayu sisa industri mebel inilah keduanya mengembangkan usahanya. Tangan- tangan kreatif mereka mampu membuat replika pesawat terbang, pesawat antariksa, motor gede dan penjualannya berhasil diekspor ke berbagai negara.

Tentu saja berita ini cukup menggembirakan dan patut di apresiasi tinggi, ini merupakan indikator bahwa warga Sleman mampu mengolah kreatifitas berbasiskan ekonomi. Harapan kedepan ide yang serupa bisa lahir dan di implementasikan sehingga Usaha Kecil Menengah mampu menjadi penopang utama perekonomian nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>