KREATIF EKONOMI

Peran UKM Untuk Perekonomian Nasional

Share This:

Dalam memajukan perekonomian nasional Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang cukup besar. Usaha kecil Menengah berperan dalam pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lain. Upaya pengembangan UKM dengan mensinergikannya dengan industri besar melalui pola kemitraan, juga akan memperkuat struktur ekonomi baik nasional maupun daerah. Partisipasi pihak terkait atau stakeholders perlu terus ditumbuhkembangkan agar UKM betul-betul mampu berkiprah lebih besar bagi perekonomian nasional.

Sejak dulu, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berperan besar dalam memajukan perekonomian  indonesia. Bahkan ketika Negara Indonesia terbelit krisis ekonomi tahun 1998 UKM lebih bisa bertahan di banding dengan Perusahan besar yang ada. Beberapa alasan mengapa UKM dapat bertahan di tengah krisis moneter 1998 lalu. Pertama, sebagian besar UKM memproduksi barang konsumsi dan jasa-jasa dengan elastitas permintaan terhadap pendapatan yang rendah, maka tingkat pendapatan rata-rata masyarakat tidak banyak berpengaruh terhadap permintaan barang yang dihasilkan. Sebaliknya kenaikan tingkat pendapatan juga tidak berpengaruh pada permintaan. Kedua, sebagian besar UKM tidak mendapat modal dari bank. Implikasinya keterpurukan sektor perbankan dan naiknya suku bunga, tidak banyak mempengaruhi sektor ini. Bisa dikatakan bahwa UKM adalah sisten perekonomian sehat yang tidak terpengaruh oleh suku bunga bank yang dikarenakan tidak ada modal yang mengalir dari bank.

Selain bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia, tanpa disadari UKM juga mampu mengurangi angka pengangguran di masyarakat, sekaligus juga mampu  meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab UKM yang berdiri telah banyak memperkerjakan jutaan tenaga kerja yang tadinyai pengangguran. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat akan meningkat serta labih terjamin. Di samping itu, usaha kecil juga memiliki nilai strategis bagi perkembangan perekonomian nasional.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>