35r235252tes

Lingkungan Hidup yang Sehat

Share This:

Upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup menjadi kewajiban bagi masyarakat, pemerintah, dan seluruh pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan agar lingkungan hidup dapat tetap menjadi sumber dan penunjang hidup bagi rakyat serta makhluk hidup lain. Hak lingkungan yang sehat secara harfiyah adalah keleluasaan masyarakat untuk memperoleh kenyamanan hidup di lingkungan sekitar dan mendapatkan pelayanan yang sehat.

Perlu diketahui jika lingkungan yang sehat itu sebenarnya sederhana yaitu dengan menjaga perilaku membiasakan kebiasaan yang baik, peduli dengan lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan diri dengan cuci tangan, kesadaran diri akan pelayanan kesehatan yang telah tersedia , dan menjaga populasi pohon di sekitar kita. Sadar dengan kesehatan diri kita sendiri adalah hal terpenting, banyak kita temui para ibu ibu yang kurang menjaga kesehatan rumahnya sendiri , para orang tua yang membuang hajat dikali, kebiasaan berobat pada dukun bukanya puskesmas yang telah tersedia di setiap desa kelurahan sekitar. Hal tersebut berkaitan erat dengan hak asasi yang lain seperti hak atas perumahan memadai, hak atas pendidikan, hak atas lingkungan pekerjaan yang sehat hak setiap manusia untuk mendapat jaminan pencegahan, perawatan dan pengawasan terhadap wabah penyakit, hak atas air bersih , Pemenuhan hak ini bertujuan untuk merealisasikan sejumlah hak-hak lainnya, termasuk hak atas lingkungan yang sehat.

Lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi setiap warga negara Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam pasal 2H Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup bertujuan mewujudkan pembangunan berkelanjutaan. Pembangunan berkelanjutan adalah upaya terencana yang memadukan aspek lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi dalam strategi pembangnan untuk menjamin keutuhan lingkungan hidup serta keselamatan, kemampuan, kesejahteraan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.

Dengan demikian Lingkungan Hidup yang Baik dan Sehat, mengandung makna lingkungan yang dapat memungkinkan manusia berkembang secara optimal, secara selaras, serasi, dan seimbang. Adanya jaminan semacam memberi kemungkinan bagi setiap orang untuk menikmati kesehatan dalam kehidupan. Menjaga kebersihan lingkungan perlu perhatikan dan di kelola secara benar dan terus di jaga merupakan kewajiban kita semua.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>