Sambutan pada acara Saresehan dan Launching Desa Melek Politik.

Sambutan pada acara Saresehan dan Launching Desa Melek Politik di Sendangsari Kec. Minggir

Share This:

Sambutan pada acara Saresehan dan Launching Desa Melek Politik.

Melek politik adalah fondasi yang penting dalam membangun suatu daerah, maupun bangsa dan Negara. Akan lebih baik jika pembangunan digerakkan oleh seluruh elemen masyarakat yang terlibat secara aktif.

Politik tidak cuman tentang Pemilu/ Pilkada/ Pilkades atau pemilihan dukuh saja. Partisipasi politik masyarakat tidak hanya pada saat pemilu di mana setelah mencoblos maka selesai begitu saja, namun partisipasi politik akan berlangsung terus menerus dalam kehidupan sehari-hari, karena kebijakan yang dibuat pemerintah terpilih akan berpengaruh langsung pada kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, peran aktif masyarakat dibutuhkan agar dapat mengontrol dan mengkritik kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah, juga saran dan masukan terhadap program kerja yang memang sesuai kebutuhan masyarakat, bukan kehendak pemangku kebijakan.

Pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Sleman, memberikan ruang kepada masyarakat untuk terlibat memberikan masukan dalam setiap proses pembuatan keputasan publik, antara lain melalui musrenbang, pengaduan melalui menu surat warga di website resmi pemda Sleman www.slemankab.go.id, media sosial Pemda Sleman yang tersedia, dan yang terbaru portal dan juga dalam bentuk aplikasi Lapor Sleman.