Musrembang pemda sleman

Wakil Bupati Membuka Musrenbang RKPD Sleman

Share This:

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2020 Kabupaten Sleman, Rabu (27/3), di Prima SR Hotel & Convention, Jl. Magelang, Sleman. Hadir pula pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Forkompimda Kabupaten Sleman, OPD Kabupaten Sleman serta sejumlah pemangku kepentingan lainnya dengan jumlah peserta 200 orang.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sleman mengatakan bahwa fokus perencanaan pembangunan Kabupaten Sleman pada tahun 2020 masih menekankan pada tiga tematik, yaitu penurunan kemiskinan, peningkatan daya saing ekonomi lokal, dan penurunan ketimpangan wilayah. Menurutnya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir angka kemiskinan di Kabupaten Sleman telah berhasil ditekan. “Pada tahun 2016 ada 10,60% KK miskin, tahun 2017 turun menjadi 9,48% KK miskin, dan pada tahun 2018 turun lagi menjadi 8,77% KK miskin”, ujarnya.

Dia juga mengapresiasi pelaksanaan acara tersebut yang telah digelar tepat pada waktunya. Dia berharap ini dapat menjadi awal yang baik serta menjadi pendorong terselenggaranya proses penyusunan penganggaran tahun 2020 yang tepat waktu, tepat sasaran dan memberikan outcome yang optimal. Lebih lanjut dia berharap partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama menyusun rancangan pembangunan tahun 2020. “Perlu disadari bersama bahwa ini bukan semata-mata tanggungjawab eksekutif saja, tapi juga DPRD dan masyarakat Sleman secara keseluruhan. Dengan begitu kegiatan pembangunan di Kabupaten Sleman pada tahun 2020 bisa sesuai dengan kebutuhan, permasalahan dan aspirasi masyarakat”, kata Sri Muslimatun.

Senada dengan hal tersebut, Drs. Kunto Riyadi, MPPM selaku Kepala Bappeda Kabupaten Sleman berharap denga acara tersebut peserta musyawarah dapat memberikan masukan dan pengayaan substansi guna penyempurnaan rancangan RKPD menjadi rancangan akhir RKPD. Sehingga proses perencanaan pembangunan di Kabupaten Sleman dapat berjalan secara optimal. “Saya harap semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai dan dapat memberikan masukan-masukan”, ucapnya.

RKPD tahun 2020 ini merupakan Rencana Pembangunan Jangka Pendek (RPJP) Kabupaten Sleman tahun ke-15, serta pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun ke-5. Dengan ini diharapkan visi Kabupaten Sleman untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera, madiri, berbudaya, dan terintegrasikannya e-government menuju smart regency di tahun 2021 dapat tercapai. Adapun tema pembangunan tahun 2020 di Kabupaten Sleman adalah “Memantapkan potensi ekonomi lokal daerah menuju kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Sleman yang berbudaya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>