rfstew

Gerakan Senam Kehamilan

Share This:

Masa kehamilan merupakan masa daya tahan tubuh ibu hamil perlu di perhatikan. Jabang bayi dalam kandungan juga tak luput dari perhatian calon ibu itu sendiri. Selain mengatur asupan gizi bagi ibu dan buah hati, olah raga menjadi kegiatan penting untuk menjaga kesehatan pada saat kehamilan. Seperti Senam hamil yang berfungsi untuk melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah pada saat kehamilan.

Jika seorang ibu hamil sering melakukan senam kehamilan, secara fisik dan mental seorang ibu akan lebih siap menghadapi persalinan. Kadang ada rasa kekhawatiran ibu hamil bahwa senam itu berbahaya bagi bayi yang mereka kandung. Namun itu hanya anggapan yang keliru, senam kehamilan sangat membantu untuk meriflekkan badan sebelum persalinan itu  tiba.

Beberapa contoh gerakan seman kehamilan yang bisa di contoh, bahkan para calon ibu dapat melakukannya sendiri dirumah. Gerakan-gerakan ini hanya perlu dilakulan saat usia kehamilan menginjak 9 bulan sampai akan terjadinya proses persalinan.

  1. Duduk dan bersila dengan badan yang tegak, biarkan tangan berada di depan, dan tenangkan pikiran anda. Posisi ini seperti posisi saat meditasi yoga. Kemudian aturlah nafas, hirup dan keluarkan perlahan. Gerakan ini dapat membantu para calon ibu untuk melatih pernafasan mereka saat persalinan nanti.
  1. Posisi badan yang merangkak, posisi lutut dengan telapak tangan harus sejajar dengan lantai. Lalu lakukanlah gerakan-gerakan berikut ini. tundukan kepala lalu lihatlah bagian bawah perut anda, bersamaan dengan itu angkat pinggang anda, kemudian angkat kembali kepala anda dengan menurunkan kembali pinggang anda, lakukan hal tersebut dengan mengatur nafas. Dengan melakukan gerakan-gerakan tersebut otot perut dan otot pinggul anda akan terasa lebih lemas. Lakukan gerakan tersebut secara berulang dan teratur.
  1. Posisi jongkok dimulai dari berdiri tegak, kemudian jongkok secara perlahan dengan posisi punggung masih tegak. Tahan posisi jongkok selama kurang lebih 10 menit lalu berdiri. Gerakan ini dapat memperkuat otot paha dan meregangkan otot panggul.
  1. Posisi duduk, duduklah di atas bantal duduk, kasur ataupun matras dengan posisi yang mengangkang, condongkan badan ke belakang dengan dibantu oleh tangan yang menahan pada lantai. Lalu gerakanlah kaki ke atas, ke bawah, samping kanan dan samping kiri. Lakukakan gerakan tadi secara berulang-ulang.
  1. Berbaring miring, dapat dilakukan sebelum anda tidur, gerakan ini dilakukan dengan cara berbaring miring maupun terlentang, lalu angkat kaki secara perlahan peganglah kedua lutut dengan tangan. Atur nafas dan relaks.
  1. Jalan kaki Gerakan yang terakhir yang dapat dicoba para calon ibu adalah jalan kaki. Saat usia kehamilan menginjak 9 bulan, para calon ibu banyak yang melakukan gerakan ini. Gerakan yang sangat mudah dilakukan dan manfaatnya cukup banyak untuk proses persalinan nantinya.

Manfaat senam kehamilan sangatlah besar,  manfaat itu sendiri  dapat dirasakan ketika para calon ibu sedang dalam proses persalinan.  Manfaat yang lain adalah membantu posisi bayi untuk cepat masuk pada jalur lahir. Ini adalah manfaat saat para calon ibu melakukan jalan kaki saat usia kehamilan 9 bulan. Adapun manfaat senam  kehamilan bagi ibu hamil antara lain :

  • Meredakan nyeri dan sakit yang dirasakan di masa kehamilan.
  • Mengencangkan otot.
  • Memperkuat jantung dan paru.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Membantu menghindari pertambahan berat badan berlebihan.
  • Meringankan nyeri akibat pertambahan beban pada tulang belakang.
  • Memperkuat persendian.

Tidak ada salahnya calon ibu mencoba gerakan gerakan tersebut karena sangat besar manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>